© 2017 by Anestesiologi FKUI - RSCM

  • White Facebook Icon
  • White Twitter Icon
  • White Google+ Icon

Gedung A Medical Staff Lantai 6 Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo | Jl. Diponegoro no. 71 Jakarta Pusat 10430

Tel: +6221-314 3736/3148865/3912526

Everybody can do CPR

PERDATIN JAYA bekerjasama dengan Zoll Medical mengadakan acara bertemakan "Everybody can do CPR" yang berlangsung hari ini pada Car Free Day Minggu, 18 Desember 2016. Acara ini diikuti oleh dokter spesialis Anestesi yang melatih para peserta awam bagaimana melakukan CPR dengan baik dan benar. Susunan acara terdiri dari pembukaan stand Pelatihan CPR, CPR dance yang diikuti dokter spesialis anestesi, residen dan perawat dan foto bersama anggota PERDATIN JAYA. Tujuan acara ini adalah mengenalkan kepada awam bahwa setiap orang bisa melakukan CPR dengan baik dan benar. Pada pelatihan dijelaskan 5 step "chain of survival" yang dilakukan pada kasus henti jantung diluar rumah sakit. Acara ini juga bertujuan untuk menambah pengetahuan awam bahwa dengan mengenali kondisi henti jantung dan melakukan CPR lebih dini, dapat meningkatkan chance of survival orang dengan henti jantung. Para peserta Car Free Day tampak antusias terhadap pelatihan CPR ini. Disediakannya manekin dan para instruktur yang ahli dalam bidang CPR menarik para awam untuk mengikuti pelatihan CPR ini. Para peserta yang telah selesai mengikuti, diberikan kartu petunjuk mengenai chain of survival dan CPR serta diberikan Pin dengan tulisan " I Can do CPR". Melalui acara ini, diharapkan masyarakat awam semakin sadar mengenai teknik CPR yang baik dan benar. "I can do CPR, you can do CPR, everybody can do CPR"

Kegiatan

Webinar Parenteral Nutrition in Critical Care

Acara ini diadakan di Lantai 6 Gedung A Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif pada tanggal 14 Desember 2016. Webinar adalah sebuah seminar yang dilakukan secara langsung melalui internet. Webinar ini dilakukan secara live interactive dari Jerman. Pada webinar ini terdapat tiga pembicara yang meruoakan pakar pada bidang nutrisi pada pasien sakit kritis yaitu Prof Pierre Singer, Prof Renee Blaauw, Porf Michael Hiesmayr. Di masa mendatang, dengan adanya kemajuan di bidang teknologi informasi yang sangat cepat, diharapkan acara seperti ini akan semakin sering dilaksanakan. Jarak tidak akan lagi menjadi hambatan dalam mendapatkan informasi ilmu yang berkualitas.

Transplantasi Hepar

Minggu, 18 dec 2016.

Diadakan operasi transplant hati ke-24 di Instalasi Bedah Pusat RS DR. Cipto Mangunkusumo.

Resipien merupakan bayi laki-laki berusia 7 bulan dengan atresia bilier, sedangkan donor merupakan ibu pasien.

Angka kejadian atresia bilier di dunia berkisar antara 1:10000-15000. Di RSCM, atresia bilier merupakan penyebab ikterus obstruktif tersering.

Operasi ini melibatkan kerjasama antara tim anestesi dengan tim operator yang terdiri dari bedah digestif, bedah anak, dan Prof. Mureo Kasahara dari Jepang.

Halal Bihalal, Sentul 2016