© 2017 by Anestesiologi FKUI - RSCM

  • White Facebook Icon
  • White Twitter Icon
  • White Google+ Icon

Gedung A Medical Staff Lantai 6 Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo | Jl. Diponegoro no. 71 Jakarta Pusat 10430

Tel: +6221-314 3736/3148865/3912526

Persyaratan masuk di Sekretariat Bersama
  • Surat Tanda Registrasi yang masih berlaku. 

  • Foto kopi ijazah dan transkrip nilai Sarjana Kedokteran dan Dokter 
yang dilegalisasi oleh Dekan 


  • Pengalaman klinis sebagai dokter yang mandiri setidaknya satu tahun. 


  • Bukti kelulusan kompetensi UKDI/UKMPPD. Untuk lulusan mulai 
tahun 2007 wajib dari AIPKI. 


  • Memiliki asuransi kesehatan yang aktif dan dapat digunakan selama 
pendidikan. 


  • Surat keterangan sehat dari Majelis Pemeriksa Kesehatan RSCM. 


  • Pasfoto ukuran 4x6 sebanyak empat lembar 


Persyaratan masuk di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
  • Kelengkapan berkas lamaran


  • Nilai TOEFL 500 (TOEFL Internasional/TOEFL
Institusional yang diakui FKUI, misalnya PPB UI atau Lembaga Kedutaan Asing)


  • Tidak boleh melamar lebih dari 2 kali di Program Studi yang sama Seleksi Akademik Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Spesialis Anestesiologi
Calon peserta yang telah memenuhi semua persyaratan tersebut akan dipanggil untuk menjalani prosedur seleksi . Seleksi calon peserta didik dilakukan oleh Koordinator Program Studi, Sekretaris Program Studi, Kepala Departemen dan staf pengajar senior Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif FKUI. Seleksi dilakukan berdasarkan sistem skoring yang terdiri atas : 1. Asal Fakultas
2. Status Kepegawaian
3. IPK

  • NIlai Anestesi


  • Pelatihan - Pelatihan Terkait

  • Pengalaman Kerja / PTT

  • Tes Tertulis

  • Psikotes /MMPI


  • Wawancara Penentuan penerimaan dan jumlah peserta didik melalui rapat tim seleksi berdasarkan urutan (rank) nilai calon peserta didik.
Tim seleksi ditunjuk oleh Kepala Departemen setiap semester. Ketua Tim Seleksi adalah Koordinator Program Studi dengan anggota tetap dan anggota tidak tetap. Peserta didik yang telah diterima ini akan dilaporkan ke yudisium fakultas yang selanjutnya berkas akan dikirim ke Universitas Indonesia dan diumumkan secara resmi via online oleh Un iversitas Indonesia.

PROGRAM SP 1

PROFIL PROGRAM STUDI PPDS ANESTESIOLOGI DAN TERAPI INTENSIF FKUI

Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi intensif yang bekerja di Indonesia harus merupakan 5 stars doctors dan berperan sebagai care provider, communicator, decision maker, manager, community leader dan sebagai researcher. 

Care Provider

Lulusan Program Studi Anestesiologi dan Terapi Intensif Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mampu memberikan layanan anestesia paripurna sesuai baku nasional dan internasional, yang berasaskan empati, humaniora dan sosiobudaya.

Communicator

Lulusan Program Studi Anestesiologi dan Terapi Intensif Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mampu menjalin komunikasi efektif, baik dengan pasien dan keluarganya maupun dengan mitra kerja dan masyarakat, yang bertujuan akhir peningkatan taraf kesehatan masyarakat Indonesia.

Decision Maker

Lulusan Program Studi Anestesiologi dan Terapi Intensif Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dapat mengambil keputusan krusial demi keuntungan pasien, dengan tetap berasaskan empati, humaniora dan sosiobudaya, meski dihadapkan pada kondisi yang sulit.

Manager

Lulusan Program Studi Anestesiologi dan Terapi Intensif Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia memiliki kemampuan manajerial untuk mengelola suatu sistem interdisiplin maupun multidisiplin, untuk tujuan jangka pendek maupun jangka panjang, yang bertujuan akhir peningkatan pelayanan kesehatan dan peningkatan keselamatan pasien.

Community Leader

Lulusan Program Studi Anestesiologi dan Terapi Intensif Fakultas Kedokteran  Universitas Indonesia menunjukkan kemampuan kepemimpinan, baik dalam pelayanan medis jangka pendek dan jangka panjang, maupun dalam aspek manajerial. 

Researcher

Lulusan Program Studi Anestesiologi dan Terapi Intensif Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mampu melakukan penelitian yang baik, bermanfaat dan mengindahkan etika penelitian sesuai Good Clinical Practice dan sesuai aturan etika penelitian FKUI/RSCM, untuk pengembangan ilmu pengetahuan, ilmu kedokteran dan pelayanan anestesia dan tatalaksana pasien kritis.

5STARS

DOCTORS

  • Facebook - White Circle
  • LinkedIn - White Circle
  • Twitter - White Circle

Dalam perjalanannya, proses menuju 5 stars doctors sudah dilakukan secara bertahap sejak awal pendidikan, melalui interaksi langsung dengan berbagai aspek dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit pendidikan. RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo sebagai rumah sakit pendidikan utama FKUI adalah institusi yang paling banyak memberi dan menerima keberadaan dan fungsi peserta Pendidikan Dokter Spesialis, termasuk Anestesiologi dan Terapi Intensif. 

PROSES PEMBELAJARAN

     Proses pencapaian 5 stars doctors yang terintegrasi dalam proses pelayanan pasien, merupakan hal yang secara langsung maupun tidak langsung diperlukan dalam pencapaian tujuan FKUI dan RSCM. Visi, misi dan tujuan program studi yang mengacu pada visi-misi FKUI-RSCM merupakan salah satu bukti dukungan program studi terhadap rencana dan cita-cita FKUI-RSCM. Proses pembelajaran untuk mencapai cita-cita di atas dilakukan secara: 

Interaktif

Dalam proses pendidikan maupun dalam konteks pelayanan pasien, peserta didik senantiasa berinteraksi dengan staf pengajar sebagai salah satu bentuk supervisi. Dalam melaksanakan pelayanan, peserta didik diharuskan berinteraksi secara langsung dengan pasien dan mempraktikkan sikap profesionalisme, baik terhadap pasien maupun terhadap tim kerja.

Holistik

Semua aspek kompetensi dalam pembelajaran, yaitu kognisi, psikomotor, komunikasi dan profesionalisme dipraktikkan secara utuh pada pasien, sesuai tahap kompetensi. 

Integratif 

Seluruh aspek pendidikan terintegrasi dengan pelayanan. Kepatuhan terhadap aturan yang berlaku merupakan salah satu faktor penilaian aspek profesionalisme. Demikian pula penelitian yang dilakukan, juga mengikuti alur dan aturan yang berlaku serta sesuai Good Clinical Practice.

Saintifik

Pengayaan materi kognitif yang menjadi dasar aspek psikomotor, diberikan sesuai bukti ilmiah internasional. Aspek ilmu kedokteran dasar yang berhubungan dengan anestesiologi diujikan kepada peserta didik secara nasional, yaitu melalui ujian tertulis nasional pada akhir tahap pembekalan.

Kontekstual

Materi pembelajaran yang diberikan sesuai dengan konteks praktik anestesia dan terapi intensif di Indonesia, dengan mengindahkan aturan hukum, ketetapan kolegium, aturan akademik dan norma yang berlaku di Indonesia.

Efektif

Proses pembelajaran dilaksanakan secara efektif dengan melihat langsung hasilnya melalui penilaian dan diskusi bedside. Secara objektif efektivitas hasil pembelajaran dinilai dengan sistem evaluasi pada tiap akhir rotasi dan ujian sumatif kenaikan jenjang pendidikan.

Kolaboratif

Pencapaian kompetensi peserta didik merupakan hasil kolaborasi berbagai aspek sivitas akademika, termasuk staf pengajar rumah sakit afiliasi.

Peserta Didik

Berpusat pada peserta didik. Salah satu konsep pendidikan modern adalah berpusat pada peserta didik. Staf pengajar bertindak sebagai presepter yang menghantarkan peserta didik mencapai kompetensinya. Diharapkan peserta didik menjalani pendidikan dewasa dan mandiri, dengan batasan dan petunjuk yang disediakan oleh program studi.

RUMAH SAKIT AFILIASI

Rumah Sakit Afiliasi dan Rumah Sakit Satelit FKUI adalah rumah sakit lahan pendidikan FKUI di luar RSCM, merupakan sarana untuk membantu peserta pendidikan mencapai kompetensinya. Rumah sakit tersebut adalah: RS Persahabatan - RSPAD Gatot Subroto - RSUD Provinsi Tangerang - RS Kanker Dharmais - RSAB Harapan Kita - RSUD Ruteng, Nusa Tenggara Timur

VISI PROGRAM STUDI PPDS ANESTESIOLOGI DAN TERAPI INTENSIF FKUI 

Menciptakan sinergi lingkungan akademik dan profesional untuk mencapai pengalaman tak terbatas dalam upaya mewujudkan pendidikan anestesiologi dan terapi intensif terkemuka di Asia Pasifik pada tahun 2019

MISI PROGRAM STUDI PPDS ANESTESIOLOGI DAN TERAPI INTENSIF FKUI
  • Menjadi pusat pendidikan dan pelatihan dokter spesialis anestesiologi dan terapi intensif yang memenuhi baku nasional maupun internasional yang terpadu dengan pelayanan anestesia dan terapi intensif, paripurna, bermutu, inovatif dan memberikan pengalaman tak terbatas.

  • Menghasilkan dokter spesialis anestesiologi dan terapi intensif yang kompeten berlandaskan ilmu pengetahuan dengan pendekatan empati dan sosiobudaya serta berorientasi pada keselamatan pasien.

  • Menjadikan ilmu kedokteran berbasis bukti sebagai penunjang pendidikan, penelitian dan dasar peningkatan pelayanan anestesiologi dan terapi intensif.  

  • Mewujudkan tata kelola organisasi dan manajemen yang menunjang kondisi pendidikan yang nyaman serta terlaksananya sistem pendidikan yang baik, kredibel dan akuntabel.

TUJUAN PROGRAM STUDI PPDS ANESTESIOLOGI DAN TERAPI INTENSIF FKUI

Tujuan Umum Program Studi

Menghasilkan dokter spesialis anestesiologi dan terapi intensif yang kompeten dalam memberikan pelayanan kedokteran spesialistik berbasis bukti, profesional dan komunikatif melalui suatu sistem pendidikan yang terstruktur, kredibel dan akuntabel.

TUJUAN KHUSUS PROGRAM STUDI

 

5.    Menghasilkan dokter spesialis anestesiologi dan terapi intensif yang mampu menentukan, merencanakan dan melaksanakan pendidikan dan penelitian secara mandiri dan mengembangkan ilmu ke tingkat akademik yang lebih tinggi serta mengembangkan ketrampilan sesuai tuntutan masyarakat dan kemajuan ilmu pengetahuan.

4

Menghasilkan dokter spesialis anestesiologi dan terapi intensif yang kompeten dan profesional dalam memberikan pelayanan kedokteran sesuai perkembangan ilmu pengetahuan mutakhir dan telah terbukti efektif serta dapat dipertanggunjawabkan dalam bidang anestesia maupun critical care medicine yang meliputi trias resusitasi, pengelolaan pasien gawat (emergency care) dan pengelolaan terapi intensif (intensive care therapy).

5

 

Menghasilkan dokter spesialis anestesiologi dan terapi intensif yang mampu menentukan, merencanakan dan melaksanakan pendidikan dan penelitian secara mandiri dan mengembangkan ilmu ke tingkat akademik yang lebih tinggi serta mengembangkan ketrampilan sesuai tuntutan masyarakat dan kemajuan ilmu pengetahuan.

6

Menyelenggarakan sistem pendidikan spesialis anestesiologi yang terstruktur dan memenuhi tertib administrasi dengan partisipasi seluruh sivitas akademika dan karyawan, yang menunjang kelancaran proses belajar mengajar secara optimal dalam kualitas yang terjaga baik.

1    

 

Menghasilkan dokter spesialis anestesiologi dan terapi intensif yang kompeten melalui materi pembelajaran yang sesuai kurikulum nasional dan memenuhi baku internasional, sehingga terlaksana pelayanan anestesia dan terapi intensif yang bermutu. 

2

Menghasilkan dokter spesialis anestesiologi dan terapi intensif yang mempunyai rasa tanggung jawab, memiliki pengetahuan yang luas dalam bidang anestesiologi dan terapi intensif serta mempunyai ketrampilan yang baik dalam pengamalan ilmu anestesiologi dan terapi intensif sehingga sanggup memahami dan memecahkan masalah kesehatan secara ilmiah dan dapat mengamalkan ilmu anestesiologi dan terapi intensif kepada masyarakat secara optimal sesuai dengan ketentuan pemerintah.

3

 

Menghasilkan dokter spesialis anestesiologi dan terapi intensif yang mampu  melakukan komunikasi secara baik dengan para sejawat dokter, anggota tim kesehatan yang lain dan anggota masyarakat, serta mampu mengembangkan sikap pribadi sesuai dengan etika ilmu dan etika profesi, baik di dalam maupun di luar rumah sakit.